Laman

15 Desember 2020

VTUBE DAN DISIPLIN DIRI

Mungkin tidak pernah kita sadari bahwa VTube (penjelasan tentang VTube di sini) membangunkan kesadaran akan pentingnya disiplin dan konsisten. Penulis berusaha untuk membuka wawasan melalui artikel ini.

 

1 - Membangun kebiasaan baru

 

Kata penelitian loch, “rata-rata orang mampu membangun kebiasaan dengan melakukan satu kegiatan secara konsisten dengan minimal selama 21 hari hingga 66 hari”. Yakin, setelah melalui masa minimal sedemikian itu maka akan terbangun suatu kebiasaan yang baru. Bahwa meskipun seseorang tidak konsisten sekali atau dua kali, hal itu tidak menghambat kemajuan mereka dalam membangun kebiasaan baru tersebut, selama mereka terus melakukannya setelahnya. 

Setelah berjalan sekian lama (minimal 34  hari)  dalam menjalankan misi novice, kita memasuki tahap baru untuk mulai menukar 10 VP dengan bintang 1 Paket 1 dan mulai tercipta komitmen untuk melakukan atau menyelesaikan misi harian pada tingkat yang lebih dalam lagi dan apa yang terjadi? Paket demi paket di bintan1 dilalui hingga bintang 6.

 

2 - Menata Waktu Kita

 

Setelah berjalan hari demi hari dan terbanung kebiasaan baru untuk menyelesaikan misi dan memperoleh pendapatan yang terus meningkat, termotivasilah kita VTuber untuk menata waktu dengan cara yang memungkinkan kita untuk lebih fokus pada satu hal pada satu waktu.

 

3 - Berfokus pada satu tugas pada satu waktu

Jika kita ingin memaksimalkan diri sendiri dan menjadi lebih produktif atau efisien, maka kita harus membiasakan diri untuk berfokus pada satu tugas pada satu waktu. VTUbe. Saat kita beralih di antara hal-hal  yang sedang kita kerjakan atau mencoba untuk multi-tugas, kita hanya menyerah pada gangguan dan mengurangi kemungkinan kita menyelesaikan apa yang perlu kita lakukan. Hal ini tidak baik untuk disiplin kita. Jadi, mulai tanyakan pada diri kita sendiri mengenai satu hal apa yang perlu kita lakukan saat ini. Apa pun itu, tulis dan lakukan hingga selesai, kemudian lanjutkan ke prioritas Kita berikutnya. 

 

4 - Menulis daftar tugas yang harus Kita selesaikan

Kita perlu yakin bahwa Kita tahu persis apa yang harus Kita fokuskan sebagai prioritas. Di awal hari, putuskan apa saja yang akan Kita masukkan dalam daftar tugas Kita. Hal ini akan membuat Kita fokus pada satu hal pada satu waktu sehingga lebih muda mengelola tugas-tugas tersebut. Sebagai seorang VTuber, daftar ini menjaga Kita tetap di jalur dan melakukan tugas dengan urutan yang benar sehingga membuat Kita lebih disiplin dan lebih efektif. 

 Keep Joy and Enjoy watching social digital advertising !

Deo Gratias


Drs. Stefan Sikone, MM
., Penulis, Praktisi Trading Forex dan Bisnis Online sejak tahun 2007., kini mengajar Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Tengaran - Kabupaten Semarang-Jawa Tengah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar