Laman

05 Agustus 2020

MENGAPA PAKAI OFFICE 365 (juga microsoft teams) ?


Beberapa kali dalam obrolan online dengan peserta, ada yang bertanya kepada saya mengapa harus pakai office 365 dan khususnya  teams?
Penulis dalam artikel ini mengupas tentang mengapa koch harus office 365?
Dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) dibutuhkan aplikasi yang mendukung proses pembelajaran atau KBM. Microsoft office 365 merupakan  software dari microsoft yang dapat menunjang produktifitas baik itu pekerjaan dirumah, SEKOLAH atau organisasi baik yang profit maupun non profit.
Berikut ini beberapa kelebihan dari office 365 :
1.      Mudah digunakan. Microsoft Office 365 memiliki akses user friendly atau mudah digunakan oleh penggunaan awam. Office 365 mudah untuk digunakan oleh siapapun (dalam hal ini dalam lembaga pendidikan oleh guru maupun peserta didik).
2.      Berperan sebagai solusi perangkat keras yang lebih hemat biaya, hemat energi serta mudah dikembangkan secara relevan. Fitur-fitur Office 365 selalu diperbahurui secara online (up to date).
3.      Pengguna office 365 dapat mengaksesnya pada beberapa perangkat. Office 365 tidak hanya dapat diakses pada 1 PC saja, melainkan banyak perangkat lainnya. Karena Anda bisa menginstal Office 365 di laptop macOS, laptop Windows, tablet, dan smartphone Anda.
4.      Pengguna dapat menyimpan filenya secara cloud atau pengguna dapat  menyimpan hasil kerja di cloud storage 1TB/5TB. Anda bisa menyimpan data dengan kapasitas filenya besar, kapan saja dan dari mana saja dengan lebih simpel tanpa harus membawa flashdisk.
5.      Office 365 mengintegrasikan  beberapa aplikasi sekaligus  sehingga pengguna tidak perlu lagi menginstal aplikasi secara sendiri-sendiri atau terpisah misalnya microsoft word, excel. Lengkapnya lagi, Dapatkan dukungan penuh dari Office 365 baik melalui chat, email, maupun telepon.
Dalam konteks kita pembelajaran jarak jauh, microsoft office 365 mendukung proses kita dengan menyediakan aplikasi teams

Apa itu Microsoft Teams?
Microsoft Teams adalah layanan dan aplikasi yang dibuat oleh microsoft untuk memudahkan kita dalam berhubungan lewat virtual atau gaway secara langsung dan dapat dilakukan dimana saja serta menyediakan kualitas video yang baik dan jernih. Dikembangkan langsung oleh Microsoft. Serta memudahkan kita untuk kerjasama tim dalam sebuah grub yang kita buat sendiri.

Berikut 8 Kelebihan  Microsoft  Teams:

1. Sangat mudah mengelola kelompok
Untuk proses KBM di sekolah, para mengguna baik guru maupun peserta didik dapat dengan mudahnya mengelola kelompok di microsoft teams. Dengan demikian maka setiap pengguna bisa dengan leluasa mengelola serta memanage kegiatan yang dilakukan.
2. Menyediakan pengeditan dan berbagi file di mana saja
Aplikasi ms teams memudahkan para pengguna dalam membuat file di mana saja dan kapan saja tanpa harus repot membuka aplikasi yang lainnya.
Microsoft Teams memudahkan dalam berbagi file tentunya harus ada pada setiap grup yang telah kita buat dengan begitu sangat mudah mengirim file dengan berbagai format baik itu berformat zip, pdf, docx, pptx maupun extensi file yang lain tentunya bisa dalam jumlah yang banyak.
3. Menyediakan Kualitas video HD dan audio yang baik
Kelebihan yang lain dari Microsoft Teams mempunyai keunggulan dalam kualitas video yang HD. Kualitas audio yang jernih serta jelas membuat lebih nyaman pada saat kita menggunakanya.
4. Mengobrol secara pribadi maupun grup dengan saluran khusus
Mengobrol di grub adalah hal yang menjadi prioritas membuat grup supaya terjalin hubungan sosial serta mempermudah kita dalam bertukar pikiran dan pendapat.
Kelebihan dalam mengobrol secara pribadi telah banyak diungkapkan oleh para pengguna Microsoft Teams dimana setiap kita melakukan obrolan pribadi kita terlebih dulu membuat saluran khusus yang orang lain tidak bisa mengaksesnya.
5. Hanya menyimpan percakapan penting
Setiap obrolan atau percakapan di grub disimpan di Microsoft Team hal ini memudahkan kita dalam hal mengetahui apa saja percakapan yang pernah kita buat dan kita sharing kepada setiap orang yang berada di grub tersebut.
Percakapan penting selayaknya dibuat arsip khusus oleh setiap aplikasi yang membuat para penggunanya menjadi mudah dalam melihatnya dan itu kelebihan pada pengarsipan data kita di Microsoft Teams.
6. Cepat menemukan apa yang dicari di obrolan percakapan
Percakapan atau obrolan setiap pertemuan pastinya jumlahanya tak sedikit dan tercampur antara yang penting dan tidak penting. Bisa jadi semua akan terhapus apabila kita tidak menyimpanya. Lain halnya dengan Microsoft Teams setiap kita mencari hal penting pasti sudah disediakan.
Menemukan apa yang kita cari di Microsoft Team adalah kelebihan saat kita menggunakan ms teams. Tak jarang begitu mudah kita mencari setiap kata bahkan kalimat di setiap percakapan atau data yang masuk ke ms teams.
7. Keamanan langsung dari Microsoft
Bidang keamanan sangat diunggulkan mengapa karena di dukung langsung dan dikembangkan langsung oleh Microsoft yang kita kenal sebagai perusahaan software terbesar didunia dan pastinya dalam keamanan jangan ditanyakan lagi. Microsoft Teams juga menjaga data kita agar tetap aman.
Microsoft Teams mempunyai kelebihan dalam hal keamanan yang tak jarang sangat disepelekan oleh penyedia aplikasi serupa yang asal-asalan membuat aplikasi tersebut.
8. Sangat mengutamakan privasi
Dalam hal privasi ms teams membuat saluran tersendiri yang dapat dibuat di ms teams dengan begitu kerahasiaan data kita dan informasi terkait data pribadi bisa tersimpan rahasia maka selayaknya harus diunggulkan dan kelebihan setiap aplikasi harus mempunyai privasi yang biak dan rahasia tentunya.
Demikian lah informasi yang dapat saya sampaikan dalam tulisan ini dan semoga bermanfaat.
Deo Gratia
Stefan Sikone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar