Laman

27 November 2014

BACALAH LALU TULIS YA

bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Sejak di SMA, guruku bilang kamu harus MEMBACA. Suatu ketika dia bilang lain lagi padaku kamu harus BISA MENULIS. Apa maksudnya? Saya merenungkan kedua pernyataan berbeda di waktu berbeda ini dan sampailah saya pada titik berikut ini:
Ada ungkapan dalam bahasa Latin, (maklum dulu pernah belajar bahasa Latin walaupun  sepotong saja). Ada tiga hal perlu diingat dan dipraktekkan dalam hidup. Pertama, lege. Kedua, Lege. Ketiga, Lege. Pertama, baca kedua: baca, ketiga: baca.
Benar juga ya…dengan membaca saya bisa mengerti tulisan yang tertuang secara eksplisit pada sumber di mana saya membacanya. Bisa dari artikel, buku, poster, dan lain sebagainya. Hal  yang kubaca itu ternyata diam-diam menginternalisir dalam batin dan pikiranku tanpa kusadari. Prosesnya berjalan terus menerus dari waktu ke waktu dan hal yang kubaca akhirnya membentuk gunung es dalam diriku dan seoalah-olah mendesakku untuk keluar dan itulah yang kunamakan gagasan. Lalu mau kuapakan gagasan yang mendesakku dari dalam batin dan pikiranku itu?
Kamu harus bisa menulis. Kata guruku di atas ada benarnya juga ya…Semua yang kubaca dan membentuk dalam diriku gagasan itulah yang perlu kutuliskan kembali dalam format yang baru yang memiliki pesan tertentu bagi siapapun yang membacanya.

Semoga semua yang sudah membaca dari berbagai sumber bisa terdorong untuk mengungkapkannya kembali dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca oleh siapa pun. KAMU HARUS BISA MENULIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar