DMCA.com for Blogger blogs

Laman

02 Agustus 2017

CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Memiliki sebuah blog adalah hal yang menyenangkan karena kita dapat berbagi apapun yang kita suka, dan kalau kita serius dalam merawat blog, kita juga bisa mendapatkan penghasilan yang layak dari blog kita.
Di web tutorial ini, nyekrip telah berbagi tentang cara mebuat blog dengan html 5  yang juga dapat kita gunakan sebagai langkah belajar dalam membuat dan mendesain halaman web atau blog dan salah satu favorit saya adalah menciptakan blog pada domain sendiri dan hosting melalui WordPress seperti yang sudah diterapkan pada blog nyekrip ini.
Banyak tutorial yang telah membahas tentang self-host blog WordPress dan tidak diragukan lagi itu adalah platform blogging yang lebih baik jika kita bandingkan dengan platform blogging gratis seperti Blogspot.com dan WordPress.com. Banyak pemula yang ingin memulai blogging tidak ingin menghabiskan modal untuk membuat blog dan itu sah-sah saja, bahkan banyak juga ditemukan blog terkenal yang menggunakan platform gratis ini.
Ada banyak platform blogging yang menawarkan untuk membuat Blog  secara gratis. Jika kita mencari blog yang gratis, disarankan untuk memulai blog dari WordPress.com atau Blogger.com.
Blogspot mengijinkan kita untuk membuat blog secara gratis dan tentunya memiliki keterbatasan, tapi seperti yang telah disebutkan di atas, untuk pemula itu merupakan ide yang baik sebagai langkah awal dalam membuat Blog.

Gambar 1- Ikon Blog

Tutorial ini ditujukan untuk yang ingin belajar membuat blog. Dalam posting ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog di Blogspot lengkap gambar. Sebelum kita mulai tutorial cara membuat blog di Blogspot lengkap gambar, ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Blogspot adalah platform blogging dari Google yang memberikan pelayanan untuk membuat sebuah blog, semua gambar blog kita akan disimpan oleh Picasa yang merupakan bagian dari Google.
Cara Membuat Blog di Blogspot atau Blogger Gratis
Untuk cara membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login menggunakan akun Google. Jika belum memiliki akun Google (akun Gmail). Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi ” www.blogger.com ” dan kita akan melihat halaman login seperti gambar berikut.

Gambar 2
Setelah login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google plus.

Gambar 3
Langsung tekan tombol ” Lanjutkan ke Blogger “.
Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol ” Blog Baru “.

Gambar 4

Memberi Nama dan Alamat Blog di Blogspot/blogger

Setelah kita klik tombol ” Blog Baru ” kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain. Untuk tips trik dalam memilih nama domain silahkan anda kunjungi tutorial ” Tips Cara Memilih Nama Domain Blog atau Website “.
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar membuat blog di blogspot berikut:

Gambar 5
Keterangan nomor pada gambar
·         Nomor 1 adalah tempat kita untuk memberi judul atau nama blog
·         Nomor 2 adalah tempat kita untuk memberi alamat blog kita
·         Nomor 3 adalah tempat kita untuk memilih template blog kita, kita bisa merubah-nya nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar
·         Nomor 4 merupakan keterangan alamat blog yang kita ketik tersedia atau tidak, pastikan alamat blog tersedia.
·         Nomor 5 adalah tombol untuk mengakhiri , tekan tombol ini jika anda sudah merasa puas dengan nama dan alamat yang anda pilih.

Gambar 6

Mengenal Dashboard di Blogspot/blogger

Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Ada beberapa pengaturan yang perlu kita lakukan pada blog yang baru dibuat, agar membuat blog di Blogspot kita semakin SEO, seperti merubah template dan menambah halaman. Sekarang kita berada di dashboard Blogspot di mana kita akan melihat backend blog dan bisa pergi ke pengaturan dan membuat perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog. Berikut adalah screenshot dashboard beserta penjelasan:

Gambar 7
Keterangan nomor pada gambar
·         Nomor 1 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat blog baru
·         Nomor 2 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat post baru
·         Nomor 3 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin melihat blog secara live
·         Nomor 4 merupakan daftar shortcut menuju pengaturan, post, dan lain-lain
·         Nomor 5 merupakan area artikel dari blog yang kita ikuti atau follow
·         Nomor 6 merupakan area identitas atau profil kita di google, dalam area ini kita bisa login dan logut.
Setelah kita mengenal fungsi dari dashboard blogspot/blogger, silahkan anda klik menu “ Ikhtisar ” untuk melihat daftar menu dalam memulai membuat post, halaman, sampai mengatur adsense pada blog kita.
Untuk melihat tampilan blog yang sudah dibuat, silahkan klik tombol no 3 pada nomor diatas, maka tampilan blog akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Perhatikan bahwa template sudah sesuai dengan template yang telah dipilih sebelumnya.@@SF@@
Tutorial ini hasil modifikasi dari sumber lain yang sudah ada sebelumnya
Terima kasih - semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar