Laman

15 Mei 2016

BEBERAPA TIPS DAN TRIK MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET



Artikel ini berisi tips dan trik untuk mempercepat koneksi internet. Silahkan mencoba beberapa metode di bawah ini. Beberapa metode yang dimaksudkan antara lain perbaikan  seperti tweak software, trik hardware atau perbaikan  keamanan dasar. Juga, masalah internet lambat dapat disebabkan oleh masalah dengan pengaturan DNS Anda, penempatan Wi-Fi Anda, pilihan yang salah saluran Wi-Fi atau alasan keamanan. Mudah-mudahan metode-metode berikut ini dapata  menyelesaikan satu per satu masalah yang anda hadapi dan memberitahu Anda tentang tweak untuk meningkatkan kecepatan internet Anda dan mendapatkan pengalaman browsing yang menakjubkan






Saya sering mendengar   komentar dan pertanyaan dari para pengguna internet seperti ini:  "kecepatan internet saya sangat lambat, apa yang harus dilakukan?", "Mengapa internet saya lambat di Windows", "Mengapa internet saya lambat dalam sistem Mac / Linux saya?", "Kecepatan internet sangat lambat walaupun saya sudah bayar mahal-mahal. "," Apa shortcut baca jalan pintas untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet? Semoga artikel ini dapat memberikan jalan keluar untuk Anda. Mohon maaf kalau belum memberikan jawaban yang akurat untuk permasalahan yang Anda hadapi.
Sebenarnya, tidak ada satu cara yang paling  tepat  untuk menghindari koneksi yang lambat. Oleh karena itu, dalam hal tutorial ini, saya akan memberitahu Anda hampir setiap cara yang mungkin untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda. Dan, semoga setelah Anda mempraktekkannya, kecepatan Wi-Fi Anda  lebih cepat dan meningkatkan kecepatan koneksi internet.
Software untuk meningkatkan kecepatan internet:
1.  Lakukan  tes kecepatan internet Anda
Langkah pertama yang perlu  dilakukan di sini adalah melakukan tes kecepatan internet dan uji ping. Salah satu software yang dapat digunakan adalah   speedtest.net.  


Ambil Ookla tua internet Speedtest di sini. Gunakan Speedtest Ookla untuk menguji kecepatan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah kunjungi situs Speedtest.net dan klik pada tombol BEGIN TEST.


2.  Pastikan browser dan OS Anda updated
Browser / OS lama  dan diperbarui juga menghalangi kecepatan internet Anda dan dengan demikian membuat Anda terjebak di tengah-tengah web browsing, download / upload file dll Pastikan bahwa browser Anda, serta Sistem Operasi, up to date untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik. Jika Anda menemukan kesulitan  untuk memperbarui browser Anda, Anda dapat men-download versi terbaru alternatif:
1. Download versi terbaru dari Mozilla Firefox di sini.
2. Download versi terbaru dari Google Chrome di sini.

Untuk memperbarui sistem operasi Anda, Anda disarankan untuk menemukan pengaturan pembaruan yang sesuai di komputer Anda dan pindah ke versi terbaru dari OS.

3. Periksa kegiatan latar belakang
Latar belakang Kegiatan adalah nomor satu pesaing ketika datang ke memperlambat kecepatan internet Anda. Untuk memastikan kecepatan internet yang lebih baik, Anda perlu memeriksa dan membunuh latar belakang kegiatan orang-orang yang tidak perlu yang ada di sistem Anda.
Pengguna Windows dapat memeriksa latar belakang kegiatan dengan pressing CTR + Shift + ESC
Latar belakang kegiatan ini mencakup  pembaruan sistem. Ada kemungkinan bahwa Anda mengalami kecepatan internet lambat sementara. Jadi, segera setelah update selesai, kecepatan internet Anda akan kembali ke normal.

4.  Tweak Browser untuk berselancar internet lebih cepat
Pengguna juga dapat meningkatkan pengalaman berselancar internet mereka dengan melakukan beberapa tweak di browser. Pastikan untuk menghapus cache dan junk lainnya secara teratur karena kadang-kadang mereka adalah penyebab utama memperlambat kecepatan browsing Anda.
Aku sudah menulis beberapa artikel tentang cara membuat Mozilla Firefox dan Google Chrome lebih cepat untuk browsing web. Sementara itu, jika Anda adalah pengguna Google Chrome, Anda dapat selalu membaca artikel saya tentang cara untuk menghentikan Chrome dari membunuh komputer Anda dan mengurangi penggunaan RAM.

5. Hack DNS untuk mempercepat internet
Jika Anda adalah pengunjung reguler fossBytes, Anda dapat memilih Google DNS atau OpenDNS sesuai dengan kebutuhan Anda. Umumnya, Google DNS direkomendasikan untuk internet aman dan cepat.

Untuk konfigurasi DNS Google, menggunakan alamat IP ini:
1.  Untuk IPv4: 8.8.8.8 dan / atau 8.8.4.4.
2.  Untuk IPv6: 2001: 4860: 4860 :: 8888 dan / atau 2001: 4860: 4860 :: 8844
Untuk konfigurasi DNS Terbuka, menggunakan alamat IP ini:
-  Untuk IPv4:
-  server DNS yang dipilih: 208.67.222.222
-  DNS Server Alternatif: 208.67.220.220
-  Untuk IPv6:
-  Preferred DNS Server: 2620: 0: ccc :: 2
-  Alternatif DNS Server: 2620: 0: ccd :: 2



6.  Hentikan  download dan upload torrent
Ini ada fakta tersembunyi torrent download / upload juga menyebalkan waktu kecepatan internet Anda. Dan bagian terburuk adalah, sebagian besar waktu, Anda tidak menyadari ini karena aplikasi ini berjalan di latar belakang dan mulai secara otomatis setiap kali Anda menyalakan komputer Anda.
Jadi, jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan kecepatan internet yang baik, periksa dan pastikan bahwa torrents Anda dijeda. Anda juga dapat hapus centang pada "Start xyzTorrent pada sistem startup" ketika menginstal perangkat lunak.

7.  Bebaskan ruang tidak perlu
Tidak ada salahnya membersihkan ruang yang tidak perlu di PC Anda. Program yang diinstal pada PC Anda dan membutuhkan internet untuk beroperasi, menghambat kecepatan Anda, bahkan jika Anda tidak menggunakannya. Jadi, Anda harus menghapus program yang tidak lebih berguna untuk Anda. Juga, jangan lupa untuk menghapus data internet sementara yang dibuat oleh program ini.

8  Memindai dan menghapus adware
Adware adalah kutukan untuk PC Anda serta internet.
Perbaikan hardware untuk internet lebih cepat
9. Temukan masalah  dengan Wi-Fi Anda
Ini tidak hanya perangkat lunak Anda melambat kecepatan internet Anda, hardware Anda dapat mempengaruhi itu juga. Jadi, silahkan men-download dan menginstal Ofcom atau setara checker aplikasi Wi-Fi untuk mendeteksi masalah dan meningkatkan koneksi Wi-Fi.

Baca poin-poin berikut untuk mengetahui perbaikan kecil untuk meningkatkan kecepatan internet Anda.
10.  Penempatan router Wi-Fi  untuk mendapatkan koneksi yang baik
Penempatan router Wi-Fi memainkan peran penting untuk meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi Anda dan karenanya mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik. Menurut penelitian, router Anda harus ditempatkan di lokasi pusat dan di ketinggian. Tempatkan router Anda jauh dari Microwave dan arahkan antena ke atas untuk jangkauan horisontal yang lebih baik dan ke samping untuk jangkauan vertikal yang lebih baik.

11.  Pilih saluran Wi-Fi yang benar
Saluran yang tumpang tindih juga menghalangi sinyal Wi-Fi dan nada kecepatan internet Anda. Memilih saluran Wi-Fi yang benar mengurangi antarmuka dan meningkatkan sinyal Wi-Fi Anda. Saluran tumpang tindih terjadi  karena saluran dekatnya, jadi, piilihan channel 1,6 dan 11 merupakan pilihan terbaik karena jaraknya cukup jauh dan tidak tumpang tindih (seperti yang ditunjukkan di gambar).


12.  Tingkatkan Wi-Fi Anda dengan bir kaleng
Untuk beberapa orang, metode ini mungkin tampak lucu, tapi benar-benar bekerja. Potong kaleng bir dan tempatkan sedemikian sebagai  antena seolah-olah bahwa perangkat Anda sedang menghadapi sisi bir kaleng cekung dan bersinar. Sebagai hasilnya, Aluminium akan dapat mencerminkan sinyal - yang sebelumnya terbuang di arah lainnya - ke arah Anda dan memberikan sinyal Wi-Fi yang kuat.
Namun metode ini memiliki keterbatasan sendiri sebagai salah satu pihak akan mendapatkan diblokir. Jadi, Anda harus menyesuaikannya setiap kali.
13.  Praktik terbaik untuk meningkatkan kecepatan Wi-fi Anda
Ikuti petunjuk  praktik terbaik untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik dan cepat:
1. Periksa dan perbarui router firmware Anda.
Tes 2. Lakukan ping di PingTest.net teratur (Berbeda dengan tes kecepatan biasa).
3. Gunakan Password melindungi router internet Anda.
4. Putuskan  perangkat lama.
5. Periksa interferensi sinyal dari perangkat seperti telepon cordless, oven microwave, monitor bayi dll

14.  Gunakan repeater untuk memperkuat sinyal
Jika Anda menggunakan router Wi-Fi di rumah besar dan router Anda tidak cukup kuat, Anda mungkin menghadapi masalah sinyal Wi-Fi yang lambat. Umumnya disarankan untuk menggunakan repeater untuk memperluas jaringan Wi-Fi. Anda juga dapat menggunakan router lama  dan menggunakannya sebagai repeater, atau menggunakan repeater baru untuk menjembatani router yang ada.

15.  Gunakan Ethernet melalui Wi-Fi jika memungkinkan
Meskipun, Wi-Fi lebih nyaman tapi kita harus mengakui bahwa koneksi kabel cara yang lebih baik daripada yang nirkabel. Jadi, jika mungkin, gunakanlah  koneksi kabel karena lebih aman, lebih cepat, memiliki latency rendah, dan tidak ada masalah gangguan nirkabel.
Tapi sekali lagi, itu terserah Anda untuk memilih jenis koneksi yang Anda inginkan.
16.  Speed ​​Up Internet Menggunakan CMD
Command Prompt di Windows bekerja pada tingkat yang sangat abstrak. Dengan menggunakan CMD, Anda dapat langsung berinteraksi dengan port, Tabel  DNS Flush dan bahkan dapat mengatur TCP Anda di window, salah satu faktor kunci dalam men-download dari internet. Selain itu, Anda juga dapat mensetting  cara Microsoft Windows berinteraksi dengan internet (di latar belakang, Microsoft juga membatasi koneksi internet).
Gunakan perintah di bawah ini di CMD untuk memeriksa apakah 'Menerima tingkat Jendela Autotuning' adalah 'normal':
-  interface tcp netsh menunjukkan parameter global
Perintah ini akan menampilkan daftar parameter TCP global dan jika Anda melihat hasil seperti ini Receive Window Autotuning level’ is not ‘Normal’ maka  ubah kata  tidak normal menjadi Receive Window Autotuning level’ is ‘Normal’

-  netsh int tcp set autotuninglevel global yang = normal
Perintah lain yang bisa membantu adalah
-  netsh interface tcp set heuristik dinonaktifkan
Perintah ini akan menonaktifkan heuristik algoritma oleh Microsoft yang membatasi kecepatan internet.



18.  Set Keamanan Jaringan
Pencegahan  lebih baik daripada mengobati. Menyiapkan keamanan jaringan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan. Pastikan bahwa perangkat jaringan Anda seperti router dan switch dikonfigurasi dengan benar dan dilindungi password.
Berikut adalah beberapa langkah untuk melindungi router Wi-Fi dari hacked.
1. Aktifkan firewall
2. Aktifkan WPA2 (Wi-Fi protected access)
3. Ubah default nama jaringan SSID.
4. Gunakan password yang kuat atau passphrase mungkin
5. Disable administrasi remote
6. Aktifkan MAC filter dan fitur logging.
Demikianlah beberapa metode yang mungkin dapat membantu Anda untuk dapat menangani masalah koneksi internet Anda.
Kalau Anda memiliki tip dan trik lain yang berguna silahkan postingkan melalui bagian komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar