Laman

01 November 2007

PETUNJUK PRAKTIS PENGGUNAAN INTERNET

Stefan Sikone

(Artikel ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber)

1. PENGANTAR MEMASUKI DUNIA INTERNET

Internet adalah singkatan dari Interconnection Network. Dari segi asal katanya internet berarti hubungan antar jaringan komputer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antar komputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering kita temukan misalnya LAN (Local Area Network) yang menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.

Secara sederhana bisa digambarkan bahwa beberapa komputer yang berhubungan satu sama lain membentuk jaringan komputer (network), kemudian sejumlah jaringan komputer (network) yang bergabung akan membentuk suatu kumpulan network yang dinamakan internet. Dengan demikian, pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem.

Adapun pengertian Internet secara khusus (inilah yang sering terpakai dan yang kita maksud dalam pembahasan ini) yaitu suatu jaringan komputer yang terbesar di dunia karena mampu menghubungkan seluruh komputer yang ada di dunia. Ringkasnya, Internet adalah jaringan komputer global sedangkan jaringan komputer lokal (seperti LAN) dinamakan Intranet.

Bagaimana caranya sebuah komputer dapat terhubung dengan internet?

Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kita bisa mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer kita dengan komputer servernya. Hubungan (koneksi) antara komputer pengguna (user) dengan komputer server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial-up) dengan menggunakan peralatan modem. Lewat komputer server ISP itulah kita bisa terhubung dengan jaringan komputer sedunia (internet).

Modem (Modulator-Demodulator) ialah sebuah peralatan elektronik yang dapat mengubah data serial yang dimiliki oleh komputer menjadi sinyal audio yang dimiliki oleh kabel telepon dan sebaliknya, dari sinyal audio menjadi data serial.

Saya sering menemukan istilah-istilah berikut di internet: HTTP, URL, WWW, HTML, Web Site, Home Page, dan lain-lainnya. Tolong dijelaskan satu-persatu tentang istilah-istilah tersebut!

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar server komputer dalam internet. Protokol bahasa yang lain dalam internet misalnya: Telnet, News, Gropher, FTP.

URL (Uniform Resource Locator) adalah sistim penamaan alamat situs web. Oleh sebab itu URL sering pula dinamakan Internet Address (Alamat Internet). Setiap protokol bahasa (HTTP, Telnet, FTP, dll) mempunyai sistim penulisan alamat yang berbeda-beda. Contoh: http://www.elexmedia.com/index.html.

WWW (World-Wide Web) atau diringkas Web merupakan bagian dari protokol bahasa HTTP yang paling populer dalam Internet. Sistem ini asal-mulanya dibangun oleh CERN, sebuah laboratorium fisika di Eropa dan baru mulai diselenggarakan untuk publik pada tahun 1991. Sekarang, Web atau Internet telah menjadi sumber data dan informasi yang tidak terbatas yang dapat diakses oleh semua orang. Di dalam WWW semua dokumen, menu, indeks, dan lain-lain ditampilkan kepada para pengguna internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.

HTML (Hypertext Markup Language) Merupakan bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat digunakan dalam Web. Dengan menggunakan format HTML setiap dokumen yang dibuat dapat dibaca oleh semua sistem operasi dan tipe komputer yang ada di dunia. Disamping itu, kekuatan utama file HTML adalah adanya fungsi hypertext link (disingkat: hyperlink).

Hyperlink (Hypertext Link) atau biasa diringkas link adalah suatu bagian tertentu (bisa berupa teks/tulisan maupun image/gambar) dalam suatu dokumen HTML yang mengacu/merujuk kepada suatu dokumen lain atau bagian lain dari dokumen yang sama. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan umumnya berwarna biru. Namun tanda utama dari sebuah link (baik link teks maupun link gambar) adalah berubahnya pointer mouse menjadi tanda "telunjuk tangan" bila diletakkan di atas link tersebut. Bila sebuah link di-klik maka program browser akan membuka dokumen/file yang ditunjuk oleh link tersebut.

Web Browser atau diringkas browser adalah program atau software yang dirancang untuk mencari dan menampilkan dokumen web dalam format HTML. Dengan browser, para pengguna komputer dapat mencari dan melihat isi dari sebuah dokumen web dan berpindah dari sebuah tempat (halaman) ke tempat lain di web. Contoh program browser misalnya Netscape, Internet Explorer, Opera, Mozilla, dan lain-lain.

Web Site atau situs web adalah setiap komputer dalam internet yang bertindak sebagai server web yang menyimpan dokumen-dokumen dalam format HTML.

Web Page atau halaman web adalah sebuah file HTML yang disimpan oleh server atau web site.

Home Page ialah "halaman pertama" dari sebuah web site yang merupakan wajah atau tampilan awal dari suatu individu atau institusi yang membuat web site tersebut.

E-Mail (electronic mail) atau surat elektronik ialah pesan tertulis yang dikirim dari seorang pengguna komputer kepada pengguna komputer yang lain. Surat elektronik itu disimpan terlebih dahulu di server yang menyediakan layanan email.

Chat adalah sebuah fasilitas internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yang bergabung di dalamnya untuk bercakap-cakap secara langsung (real-time) lewat tulisan yang diketikkan. Contoh program chat yang terkenal yaitu IRC dan ICQ.

Mailing List disingkat Milis yaitu kumpulan atau daftar dari sejumlah alamat email yang digabung menjadi satu alamat email yang disebut alamat milis. Email yang dikirim oleh seorang anggota milis ke alamat milis tersebut akan diterima oleh seluruh anggota milis yang bersangkutan.

Download yaitu mengambil file dari internet (dari komputer server ke komputer user). File yang di-download bisa berupa file program (software), dokumen, gambar, audio, video, dan lain-lain.

Upload (kebalikan dari download) yaitu mengirim file ke internet (dari komputer user ke komputer server).

2. TIP & TRIK MENGGUNAKAN INTERNET EXPLORER

Mungkin selama ini kita kurang menyadari bahwa kunci dari aktivitas berinternet adalah sebuah program yang disebut Browser. Sesuai dengan namanya, browser berfungsi untuk mengantar anda melakukan browsing (melihat dan membaca) di dunia internet atau sering pula dinamakan surfing (berselancar). Banyak sekali software yang berfungsi sebagai browser. Browser yang paling populer ialah Internet Explorer (buatan Microsoft), Netscape, Opera, Mozilla, Neoplanet, dan lain-lain.

Tampilan Utama Jendela Internet Explorer

Title Bar atau baris judul yaitu baris paling atas (bingkai atas) dari jendela browser.
Menu Bar atau baris menu yang bertuliskan File, Edit, View dan seterusnya.
Tool Bar yaitu baris icon untuk menjalankan fungsi-fungsi penting. Seperti Back (panah ke kiri), Forward (panah ke kanan), dst.
Address Bar yaitu tempat menuliskan/memasukkan alamat URL. Ditandai dengan tulisan Address lalu kotak panjang dan Go.
Jendela Isi merupakan layar utama dari sebuah browser yang menampilkan isi dari dokumen web.
Status Bar atau baris status yang menunjukkan proses yang sedang dijalankan oleh browser misalnya: opening page .... (sedang membuka halaman web), done (selesai me-load satu halaman web) atau alamat URL dari link yang ditunjuk oleh pointer mouse. Pada contoh gambar di atas tampak pointer mouse menunjuk pada link bertuliskan Toolset995 dengan URL yang tercantum di status bar yakni http://www.software995.com/pricing.html.

Arti Icon-icon Pada Toolbar

Back: bila di-klik akan mengantarkan anda ke halaman yang anda buka sebelumnya.
Forward: bila di-klik akan mengantarkan anda kembali ke depan yakni ke halaman yang tadi anda buka sebelum anda meng-klik tombol Back.
Stop: jika anda memutuskan untuk membatalkan atau tidak jadi menampilkan halaman yang sedang di-load (dibuka), tekanlah tombol ini.
Refresh: fungsi ini akan membuat browser memproses kembali pemuatan (loading) suatu halaman yang tadi anda batalkan (dengan Stop). Tombol ini berguna pula untuk mencoba membuka lagi halaman yang agak lambat atau sulit dibuka.
Home: tombol ini akan mengantarkan anda kembali ke halaman pertama yang ditampilkan oleh jendela browser ketika pertama kali dibuka.
Search: tombol ini akan membuka opsi pencarian pada browser internet explorer. Di sini anda akan menjumpai tombol pintas untuk menemukan apa yang anda cari di internet.
Favorites: di sini anda dapat menyimpan alamat situs yang anda sukai agar sewaktu-waktu dapat lagi anda akses atau kunjungi dengan cepat dan mudah.
History: dengan meng-klik tool ini akan terbuka daftar semua situs dan link yang pernah anda kunjungi selama beberapa hari atau beberapa minggu yang lalu.
Mail: jika di-klik akan membuka program e-mail.
Print: untuk mencetak halaman yang sedang aktif (tampil).
Address: di kotak ini anda mengetikkan atau memasukkan alamat situs (URL) yang ingin anda kunjungi.
Go: setelah alamat situs dimasukkan, klik Go atau tekan Enter untuk menuju situs tersebut.

3. Tip & Trik Memperlancar Browsing

Hindari Jam Sibuk. Jika mungkin, jangan berselancar pada jam-jam sibuk (biasanya jam kerja yaitu pukul 09.00-17.00) agar bowser anda tidak 'terjebak kemacetan' lalu lintas di dunia maya karena pada jam-jam itulah orang terbanyak mengakses Internet.
Tambahkan Cache Browser. Saat anda mengunjungi suatu situs, IE menempatkan kode HTML dan grafik dari situs tersebut pada cache. Cache membantu IE bekerja lebih cepat saat anda mengklik tombol Back. Agar berselancar menjadi cepat, anda perlu mengalokasikan jumlah yang memadai untuk cache. Dari menu Tools, pilih Internet Options, lalu tab General. Pada bagian Temporary Internet Files, klik Settings. Di bawah Amount of Disk Space to Use, geret tombol ke arah kanan. Alokasikan sekitar 5 % dari space (ruang) pada hard disk anda untuk cache.
Non-Aktif kan Animasi dan Multimedia. Animasi mungkin membuat berselancar menyenangkan, tetapi memperberat kerja browser. Untuk menonaktifkan animasi, klik Tools > Internet Options > tab Advanced. Geser layar ke bawah (scroll down) sehingga sampai di bagian Multimedia, hapus tanda cek pada opsi Play Animations dengan mengklik kotaknya, lalu klik OK. Kini browser hanya akan mengambil frame pertama dari setiap animasi GIF, jadi gambar yang tampil tidak bergerak. Bila anda benar-benar ingin mengurangi unsur pembuat macet bandwith yaitu video dan audio; dari bagian yang sama, kosongkan tanda cek pada kotak di depan Play Sounds, Play Video, dan Show Pictures. Dengan demikian setiap halaman web site yang ditampilkan browser benar-benar bersih dari unsur selain teks.
Hentikan proses download halaman web yang lama. Jika browser terlalu lama mengakses suatu halaman Web dan belum selesai juga, klik tombol Stop. Anda bisa membaca sebagian isi halaman yang sempat ditampilkan, bila sesuai dengan yang anda cari, boleh dilanjutkan. Klik tombol Refresh agar IE mengulangi proses download. Kadang rute yang digunakan browser macet dan dengan mengulang proses download (refresh), browser dapat menemukan jalur baru yang 'plong' di Internet.
Membuka Jendela Baru. Selama anda menunggu proses download, anda boleh melanjutkan kegiatan browsing yang lain dengan membuka jendela browser yang baru. Caranya, tekan Ctrl+N atau pilih menu File > New > Window.
Gunakan tombol klik kanan mouse. Dengan menekan tombol klik kanan mouse pada isi jendela browser akan muncul jendela menu yang isinya tergantung dari posisi pointer. Penggunaan klik kanan ini sangat banyak manfaatnya dan sangat membantu kegiatan selancar anda. Anda bisa membuka sebuah link dalam jendela baru (Open in New Window), mengcopy sebuah link (Copy Shortcut), menyimpan halaman yang ditunjuk oleh sebuah link (Save Target As), menyimpan gambar (image) atau background yang tampak (Save Picture As), mencetak halaman web (Print), dan lain-lain.
Menyimpan situs favorit. Bila anda menemukan sebuah situs yang menarik dan anda merencanakan untuk mengunjunginya lagi suatu waktu, sebaiknya anda memasukkannya dalam daftar favorit anda. Caranya, dalam keadaan halaman web itu terbuka, klik menu Favorites lalu Add to Favorites maka akan muncul jendela pop-up. Anda boleh mengubah namanya sekehendak anda atau langsung tekan Enter (atau klik OK). Maka nama halaman web itu akan tersimpan dalam menu Favorites. Kapan saja anda ingin mengunjungi situs tersebut, anda tidak perlu lagi menulis alamatnya, klik saja menu Favorites lalu pilih nama situs tersebut.

4. Tip & Trik Offline Browsing

Offline Browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaan waktu online. Dengan offline browsing, anda dapat menyimpan sebuah dokumen web lengkap dengan link dan isinya ketika anda sedang online untuk anda buka kembali kapan saja ketika sudah tidak terkoneksi dengan internet (offline).

Menyimpan satu halaman web yang sedang terbuka. Pada menu File, klik Save As. Pilih folder dimana anda ingin menyimpan halaman tersebut. Di kotak File Name, ketikkan nama untuk halaman tersebut. Di kotak Save as type, pilih tipe file yang diinginkan:

a) Web Page, complete untuk menyimpan seluruh file yang dibutuhkan untuk menayangkan halaman tersebut, termasuk gambar, frame dan style-nya.

b) Web Archive untuk menyimpan semua informasi yang diperlukan untuk menayangkan halaman tersebut dalam bentuk satu file tunggal dalam format file MIME-encoded. Pilihan ini akan menyimpan "foto" dari halaman web tersebut, dan hanya tersedia bagi mereka yang telah menginstal I.E. 5 ke atas.

c) Web Page, HTML only untuk menyimpan halaman HTML-nya saja. Pilihan ini tidak menyimpan gambar, suara, atau file lain.

d) Text Only untuk menyimpan teksnya saja. Pilihan ini akan menyimpan halaman tersebut dalam format teks yang bisa dibaca dengan program semacam Notepad. Format teks ini akan menghilangkan tabel, gambar dan objek selain teks lainnya.

Menyimpan satu halaman web tanpa membuka halaman tersebut. Misalkan anda sedang membuka sebuah halaman web. Di dalam halaman web tersebut terdapat link yang merujuk ke halaman lain. Bila anda yakin bahwa link itu menuju kepada halaman web yang anda ingin simpan, anda tidak perlu membuka link tersebut. Lakukan saja klik-kanan pada link itu lalu pilih Save Target As. Selanjutnya sama dengan di atas.

Menyimpan dan meng-update satu halaman web atau lebih. Kadang-kadang anda ingin memiliki halaman web yang bisa dilihat secara offline dan isinya selalu diperbaharui sesuai dengan website aslinya. Misalnya situs berita, atau konversi nilai mata uang. Maka anda bisa melakukan cara-cara berikut ini: Pada menu Favorites, klik Add to Favorites. Pilih kotak Make available offline. Untuk lebih merinci jadwal update dan berapa banyak isi yang anda ingin download, klik Customize. Ikuti instruksi yang muncul di layar monitor anda. Sebelum anda memutuskan hubungan internet, pastikan anda memiliki versi terbaru dari halaman-halaman tersebut dengan mengklik menu Tools lalu Synchronize. Setelah semua data yang anda perlukan tersedia, anda siap untuk melakukan offline browsing. Putuskan koneksi internet anda. Klik menu File lalu Work Offline. Klik menu Favorites lalu pilih nama halaman web yang ingin anda lihat.

5. TIP & TRIK MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE

Satu-satunya alat atau fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi dan pengetahuan yang ada di internet adalah mesin pencari atau search engine. Search engine adalah sebuah program yang dapat diakses melalui internet yang berfungsi untuk membantu para pengguna komputer dalam mencari apa yang ia inginkan. Salah satu search engine terpopuler adalah Google yang dapat diakses pada alamat http://www.google.com/.

Elemen utama dari sebuah Search Engine adalah kotak panjang tempat kita memasukkan kata kunci yang menjadi bekal awal dalam mencari apa yang kita cari. Setelah itu tekan tombol Enter atau klik tombol Google Search. Maka Google akan mencari di seluruh komputer yang terhubung ke internet berbagai jenis data baik dalam bentuk dokumen, gambar, audio maupun video yang di dalamnya mengandung kata yang kita masukkan tadi. Google akan menampilkan link (alamat) ke seluruh situs yang berhubungan dengan hasil pencarian tersebut. Kita tinggal meng-klik salah satu link yang relevan untuk dapat mengakses dokumen yang dimaksud.

Tulislah kata kunci yang dimaksud dengan benar karena Google akan mencari kata yang persis sama dengan yang kita tulis. Penulisan kata Amin dan Amien akan memberikan hasil yang berbeda. Di lain pihak, Google tidak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil. Penulisan kata kunci Sulawesi atau sulawesi atau bahkan sULawEsI, akan memberikan hasil pencarian yang sama.

Setiap patah kata yang dimasukkan ke dalam kotak pencarian, akan dicari secara terpisah. Bila kita memasukkan kata kunci seperti berikut: [ pangeran diponegoro ] maka Google akan mencari halaman web yang mengandung kata pangeran dan halaman web yang mengandung kata diponegoro. Artinya, kata pangeran dan kata diponegoro dalam dokumen yang ditemukan oleh Google itu tidak mesti beriringan, bisa saja diantarai dengan kata-kata lain. Bahkan termasuk di dalamnya halaman web yang mengandung kata pangeran tapi tidak mengandung kata diponegoro.

Gunakanlah tanda kutip ( " ) yang mengapit frasa (kata majemuk) atau susunan kata tertentu untuk memaksa Google mencari halaman web yang mengandung susunan kata yang sama tanpa diselingi oleh kata-kata yang lain. Misalnya: [ "pangeran diponegoro" ]. Teknik ini sangat efektif untuk mendapatkan hasil pencarian yang benar-benar relevan dan terfokus pada maksud yang kita cari.

Gunakan tanda plus (+) untuk mewajibkan Google mencari hanya halaman web yang mengandung semua kata kunci yang kita masukkan. Misalnya: [ +beasiswa +magister +"luar negeri" ]. Hasilnya, Google hanya akan menampilkan halaman-halaman web yang mengandung semua kata tersebut. Dengan teknik ini, pencarian Google akan makin tajam dan terarah.

Sebaliknya, bila kita ingin agar suatu kata kunci tidak termasuk dalam situs yang ditemukan Google, kita menggunakan tanda minus (-). Misalnya: bila kita ingin mencari beasiswa seperti di atas tapi tidak ingin sekolah di Amerika atau Australia, maka kita bisa menulis: [ +beasiswa +magister +"luar negeri" -Amerika -Australia ]. Teknik ini bisa digunakan untuk mempersempit hasil pencarian.

Pada umumnya situs-situs yang besar sudah menyediakan fasilitas pencarian lokal untuk web site mereka masing-masing. Search engine lokal ini berfungsi untuk mencari kata-kata kunci yang terdapat pada halaman-halaman web mereka sendiri, tidak mencari pada situs-situs lain. Namun bila suatu saat anda menemukan situs yang belum menyediakan mesin pencari lokal tersebut, anda bisa menggunakan Google untuk mencari kata-kata kunci pada situs tersebut dengan menggunakan kata site diikuti tanda titik dua kemudian nama situsnya (semunya tanpa spasi). Misalnya: kita ingin mencari artikel dan berita yang terkait dengan masalah korupsi pada situs koran Republika, maka kita tulis: [ korupsi site:republika.co.id ] atau [ site:republika.co.id korupsi ].

Teknik di atas dapat pula digunakan untuk mengarahkan pencarian pada situs-situs dengan ciri khas tertentu. Misalnya, bila anda ingin mencari informasi tentang korupsi dari situs-situs pendidikan (education), anda bisa menulis: [ korupsi site:edu ] pada kotak pencarian. Bila anda ingin mencarinya dari situs-situs resmi pemerintah (government), tulislah: [ korupsi site:gov ]. Untuk mengetahui arti dari domain, silakan baca artikel tentang Arti Domain.

Bagi anda yang mencari file-file dengan format tertentu saja untuk dijadikan referensi, dapat menggunakan kata filetype: dalam melakukan pencarian. Misalnya: [ filetype:ppt +tutorial +coreldraw ]. Dengan cara ini, Google hanya memfokuskan pencarian pada file-file PPT (Microsoft PowerPoint) yang mengandung kata-kata tersebut di seluruh situs internet. Cara yang sama bisa anda gunakan untuk mencari file-file DOC (MS Word), XLS (MS Excels), PDF (Adobe Acrobat Reader), dan lain-lain.

Setelah Google menampilkan hasil pencariannya, periksalah terlebih dahulu mana kira-kira yang sesuai dengan maksud pencarian anda. Yang perlu anda perhatikan adalah konteks kalimat di sekitar kata kunci anda (tercetak tebal) dan nama/alamat website yang tertera di bawahnya. Bila anda ingin membuka suatu link yang diberikan oleh Google, klik-kanan pada link tersebut lalu pilih open in new window agar jendela Google itu sendiri tetap ada dan tidak terganti. Dengan demikian anda tetap bisa melihat dan membuka link-link lain yang ditampilkan oleh Google. Bila anda masih ingin memeriksa hasil pencarian Google yang dimuat pada halaman yang lain, klik link nomor halaman atau kata next yang terdapat pada bagian bawah halaman hasil pencarian.Bila anda masih kurang puas dengan hasil pencarian Google, anda bisa memanfaatkan fasilitas Advanced Search dari Google yang akan memberikan kemudahan bagi anda dalam mengatur apa yang harus dicari oleh Google, misalnya dalam hal bahasa, filterisasi, format file, informasi yang baru di-update dan lain-lain.

6. TIP & TRIK MENGGUNAKAN EMAIL

Beberapa menu dan tombol yang terdapat pada program email:

New Mail atau Compose untuk menulis pesan baru yang akan dikirim ke e-mail orang lain.
Reply untuk mengirim email balasan ke alamat email yang masuk.
Forward untuk meneruskan pesan email yang kita terima (dari pihak kedua) ke alamat email orang lain (pihak ketiga).
Send/Receive untuk mengecek email yang masuk atau mengirim email yang belum terkirim.
Inbox yaitu folder tempat menampung email-email yang masuk.
Outbox yaitu folder tempat menampung email yang hendak dikirim (sementara dalam proses pengiriman).
Sent Items yaitu folder tempat menampung semua email yang sudah dikirim.
Deleted Items yaitu folder tempat menampung semua email yang sudah kita hapus dari inbox.

Bila kita memilih New Mail atau Compose akan muncul jendela untuk menulis email baru yang di dalamnya terdapat sejumlah tombol dan menu diantaranya:
From yaitu kotak yang di dalamnya tertulis account email kita.
To yaitu kotak tempat kita menulis alamat email yang kita tuju.
CC (Carbon Copy) yaitu kotak tempat kita menulis alamat email lain yang hendak kita kirimkan pesan yang sama sebagai "tembusan". Di sini kita bisa menuliskan lebih dari satu alamat email dengan diantarai tanda ; (titik koma) antara setiap alamat email.
Subject yaitu kotak tempat kita menuliskan judul dari pesan yang hendak kita kirim.
Send yaitu tombol untuk memulai pengiriman email baru yang sudah ditulis.
Attach yaitu tombol untuk melampirkan file yang hendak kita kirim bersama pesan tersebut.

7. Beberapa Istilah Seputar E-Mail

Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
Bounce (pentalan, mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
Bot yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
Mailbot yaitu software tertentu yang membalas email secara otomatis.
Listbot yaitu software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
Listserver sama dengan listbot.
Subscribe yaitu mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
Unsubscribe yaitu memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
Post yaitu mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
Flame yaitu pesan kasar atau tidak sopan.
Bomb-mail yaitu pengiriman e-mail dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.

8. Netiket atau Etiket dalam Menggunakan Email

Perlakukan email secara pribadi. Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.

Jangan gunakan huruf kapital. Membaca pesan email yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan, tidak enak dilihat. Di samping itu, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda tulis. Email memiliki fasilitas bernama Forward, yang memungkinkan si penerima meneruskan (forward) pesan yang diterimanya kepada orang lain.
Jangan gunakan CC (Carbon Copy). Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, --atau biasa disebut cross posting-- semua orang yang menerima email Anda, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat emailnya disebarluaskan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang yang dituju hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri. Pada Outlook Express, kolom BCC ini bisa dimunculkan dari menu View.
Jangan gunakan format HTML. Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program email rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
Jangan kirim attachment file tanpa minta izin sebelumnya. Peraturan email secara internasional melarang pengiriman format melalui email, apalagi di dalam milis. Pengiriman file yang besar akan membebani mailbox orang lain dan membuat proses download menjadi lamban. Jika file melebihi kuota, maka proses downloading praktis terganggu. Jika ini terjadi, Anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail.
Jawablah secara proporsional. Jangan menjawab dengan terlalu singkat ataupun terlalu panjang. Jawablah sesuai dengan pesan yang dikirim kepada anda. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, membuat loading menjadi lambat, menambah beban pulsa baik pada pihak penerima, maupun pada pihak si pengirim. Sedangkan pesan yang terlalu pendek bisa disangka kurang menghargai orang lain.

9. Tip & Trik Menghindari Pencurian Password

Salah satu bentuk kejahatan internet yang berbahaya adalah pencurian password. Bila password email anda diketahui oleh orang lain, maka ia akan leluasa mengintip isi email anda. Mungkin ada yang berkata, silakan baca isi email saya, tidak ada yang perlu dirahasiakan koq di dalamnya. Padahal persoalannya tidak sesederhana itu. Bila password anda jatuh ke tangan orang lain, ia leluasa untuk mengganti password itu. Akibatnya anda tidak bisa membuka (log-in) email anda. Bukan itu saja, ia juga bisa mengirim email ke orang lain menggunakan email anda untuk menghasut atau maksud jahat lainnya. Lagi-lagi anda yang harus bertanggung jawab. Untuk itulah kita harus mengetahui bagaimana cara menjaga password kita. Terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana cara seseorang bisa mengetahui password orang lain. Pada garis besarnya, ada empat cara orang mencuri password orang lain.

1. Memanfaatkan kelalaian si empunya password. Misalnya, ada orang lain yang melihat gerakan tangannya ketika mengetikkan password. Atau ada orang lain yang menemukan catatannya yang berisi password. Makanya, berhati-hatilah ketika mengetikkan password dan sedapat mungkin jangan pernah menyimpan atau menulis password anda. Gunakanlah memori otak anda untuk menyimpan password. Atau kalau terpaksa menuliskannya, simpanlah pada tempat yang tersembunyi dan tidak mencolok sebagai password.

2. Menebak-nebak. Hal ini sangat sukar dan sangat jarang terjadi. Hanya mungkin terjadi bila password anda terlalu gampang ditebak (misalnya: 111111 atau asdfgh). Termasuk bila anda menggunakan nama atau nomor tertentu yang diketahui dan mudah dicoba-coba oleh teman anda. Oleh karena itu, sedapat mungkin jangan menggunakan password nomor telepon anda atau tanggal lahir anda atau nama isteri anda, dan semisalnya.

3. Memanfaatkan pertanyaan rahasia. Ketika mendaftarkan diri pada situs penyedia email gratis di internet, disamping password, biasanya kita diberi kesempatan untuk memilih sebuah pertanyaan dan memasukkan jawabannya. Hal ini berfungsi sebagai cadangan kalau-kalau suatu saat kita lupa password kita. Banyak orang yang sering memasukkan pertanyaan dan jawaban seadanya. Padahal orang bisa menggunakan fasilitas ini untuk mencuri password anda. Ketika akan sign up dengan email anda, ia memilih tombol lost password (password terlupa) sehingga program email akan mengeluarkan pertanyaan yang dulu anda masukkan. Oleh karenanya jangan menggunakan pertanyaan yang terlalu gampang dijawab.

4. Menggunakan software keylogger. Program keylogger adalah program yang bekerja di belakang layar, artinya ia bekerja tanpa disadari oleh pengguna komputer (kecuali si pemasang program tentunya). Software ini dapat merekam setiap tombol yang ditekan dan menyimpannya dalam sebuah file tertentu. Bila anda sudah menggunakan komputer itu, si pemasang program keylogger, akan mengambil alih komputer itu, membuka file rekaman tadi dan mencari jejak password anda di dalamnya. Meskipun amat sangat banyak huruf yang tercatat di dalamnya, ia bisa menemukannya dengan cara tertentu. Biasanya kita menulis password sehabis kita memasukkan nama email. Huruf atau nomor setelah itu adalah password. Kasus ini biasanya terjadi di komputer yang dipakai oleh banyak orang (misalnya di warnet atau kantor).

Untuk menghindarkan diri dari pencurian password semacam ini memang agak sukar. Namun tetap ada saja jalan keluarnya. Sebelum menggunakan suatu komputer, terlebih dahulu tekan tombol kombinasi Ctrl+Alt+Del. Akan muncul jendela Close Program yang menampilkan semua program yang sedang berjalan di komputer itu. Carilah program yang anda perkirakan adalah nama program keylogger tersebut. Bila anda tidak mengetahui namanya, pilihlah program yang tidak anda kenal kemudian klik tombol End Task untuk menutup program itu. Aplikasi lain dapat anda biarkan, seperti Explorer, Internat, Mdm, program antivirus, program biling warnet, dan program lain yang anda kenal. Dengan cara ini, bisa kita anggap bahwa tidak ada lagi program keylogger yang sedang bekerja.

Namun mungkin saja kita tidak bisa menemukan dan menutup program keylogger itu. Apalagi banyak juga software keylogger yang bisa menyembunyikan diri sedemikian rupa. Namun jangan kuatir karena ada saja solusinya. Cara mengatasinya, jangan mengetik langsung seluruh password kita secara lengkap pada kotak isian password. Misalnya password kita: "benalu". Ketik dulu huruf "be" kemudian pindah ke jendela program lain lalu ketik sembarang huruf banyak-banyak di situ. Kemudian pindah kembali ke isian password lalu lanjutkan mengetik "na". Lalu pindah lagi ke jendela lain dan ketik lagi banyak huruf sembarang, kemudian kembali lagi ke isian password untuk menyempurnakannya dengan huruf "lu". Dengan demikian program perekam ketikan (keylogger) akan mencatat banyak sekali huruf-huruf tak beraturan yang boleh dipastikan si pencuri tidak mampu memisahkan mana huruf-huruf password kita yang terselip di dalamnya. Hal ini disebabkan, program keylogger pada umumnya tidak membedakan di jendela mana kita mengetik sebuah huruf. Ia hanya berfungsi untuk mencatat tombol keyboard yang ditekan.

5. Menggunakan program remote. Program ini berkaitan dengan masalah networking (jaringan komputer). Ada sejumlah software yang dapat mengendalikan sebuah komputer dari jarak jauh. Software ini dipasang pada komputernya sebagai server dan dipasang dalam komputer orang lain sebagai client. Selama komputer kita terhubung dengan jaringan atau internet, ia dapat membaca apa yang kita ketik, bahkan mengetahui isi hard disk kita dan melihat tampilan di layar monitor kita!!

Untuk menghadapi kasus semacam ini adalah paling sulit dan butuh trik tersendiri. Bila ia menggunakan cara merekam ketikan (keylogger) masih bisa kita atasi dengan cara penulisan berpindah-pindah jendela seperti di atas. Adapaun bila ia menggunakan program remote yang mampu melihat tampilan di layar monitor kita, ini paling sulit mengatasinya. Cara yang bisa kita lakukan misalnya mengetik sebagian huruf password lalu anda pindah ke program aplikasi lain untuk melakukan kegiatan mengetik yang lain dalam waktu yang agak lama sebelum melanjutkan mengisi password. Masalahnya, si pengintip pada layar monitor itu, pasti punya kegiatan lain dan tidak bisa betah lama-lama mengawasi layar monitor anda. Jadi kita memanfaatkan kelengahannya saja.

Demikianlah beberapa tip dan trik untuk menghindari pencurian password. Namun kita jangan terlalu dicekam ketakutan berlebihan terhadap pencurian password. Lakukanlah upaya di atas kalau memang ada indikasi dan alasan yang membuat anda harus curiga dan waspada. Namun disamping semua cara di atas, cara yang terbaik adalah dengan selalu mengganti password (change password) anda setiap kali cek email.

Caranya sediakanlah sekitar empat buah password yang anda sukai dan bisa anda ingat namun sukar ditebak oleh orang lain. Kemudian gunakanlah setiap password tersebut secara bergantian. Hal ini untuk menghindari kelupaan password. Namun bila ingatan anda termasuk kuat, anda boleh membuat password baru kapan saja anda inginkan. Untuk mengubah password, carilah setting account diantara menu-menu pada program email anda. Kemudian lakukanlah modifikasi setting pada menu change password.

10. TIP & TRIK MENGGUNAKAN DOWNLOAD MANAGER

Download Manager adalah semua software yang dibuat khusus untuk membantu para pengguna internet dalam melakukan download dengan efisien dan efektif. Seperti telah kita ketahui bahwa download artinya mengambil file dari internet untuk disimpan ke dalam hard disk komputer. Proses download ini biasanya membutuhkan waktu lama tergantung dari besarnya file yang akan diambil serta kecepatan koneksi internet. Kecepatan koneksi internet ini dipengaruhi oleh konfigurasi (hardware dan software) komputer pengguna serta kondisi jaringan serta server tempat file itu tersimpan. Untuk mempermudah dan memperlancar proses download itulah diperlukan software yang disebut download manager.

Bila kita tidak menggunakan download manager, melainkan hanya mengandalkan fasilitas Save File dari Internet Explorer misalnya, akan menghadapi salah satu dari dua kemungkinan (atau kedua-duanya). Pertama, proses download memakan waktu yang relatif lama. Kedua, proses download tiba-tiba terputus di tengah jalan karena listrik padam atau sebab-sebab lainnya. Akibatnya, kita harus mengulang lagi proses download dari awal. Dengan menggunakan download manager, proses donwload bisa dipercepat dan proses download bisa dilanjutkan dari bagian yang terputus tanpa perlu mengulangi dari awal. Demikianlah pentingnya menggunakan program download manager.

Salah satu software download manager yang bagus dan handal adalah Star Downloader. Diantara sekian banyak download manager, Star Downloader adalah program yang gratis (freeware) namun memiliki kinerja yang pantas menyandang nama 'bintang'. Program ini bisa didownload dari www.stardownloader.com atau bisa anda peroleh dalam koleksi CD Freeware Plus yang bisa anda pesan kepada kami.

Mengenal Jendela Utama Program Star Downloader

Jendela utama program Star Downloader terdiri dari dua kolom jendela, sebelah kiri merupakan kolom kecil dan sebelah kanan merupakan kolom besar. Jendela sebelah kanan menampilkan daftar berbentuk tabel dari file-file yang dimasukkan ke dalam proses download. Daftar ini terdiri dari beberapa kolom yaitu kolom yaitu:

File Name yaitu nama file yang didownload
Status yaitu keadaan file, apakah sudah selesai didownload (done), ditunda (paused), dijadwal (scheduled), atau menunggu giliran (antri) untuk didownload (queued). Untuk file yang sedang dalam proses download, statusnya ditampilkan sebagai baris kotak yang menunjukkan jalannya proses download.
Completed mencantumkan besar byte data yang sudah berhasil didownload.
Total mencantumkan jumlah sesungguhnya dari file yang akan didownload.
Time Left menunjukkan prediksi waktu (jam:menit:detik) yang tersisa untuk menyelesaikan proses download.
kB/s (kilobyte per second) menunjukkan perkiraan kecepatan download dalam ukuran kilobyte per detik.
Save Path mencantumkan tempat (folder/direktori) dimana file hasil download akan disimpan dalam hard disk.

Beberapa menu dan tombol yang terdapat pada Star Downloader:

Add untuk menampilkan jendela tempat memasukkan URL dari file yang akan didownload.
Delete untuk menghapus item file yang disorot dari daftar yang akan didownload.
Pause untuk menonaktifkan sementara proses download dari item file yang disorot.
Resume untuk melanjutkan proses download dari item file yang disorot.
Scheduler untuk menjadwal proses download dari item file yang disorot.
Hang Up untuk memutuskan koneksi internet.
Options untuk menampilkan jendela options tempat kita mengatur semua setting atau konfigurasi program.

Mengatur Setting Star Downloader

Dalam keadaan minimize, program Star Downloader menetap pada system tray yang ditandai dengan adanya icon bintang yang berwarna kuning di sudut kanan bawah desktop. Bila di-klik kiri, program Star Downloader akan tampil di layar. Untuk mengatur setting Star Downloader dilakukan denga meng-klik Options pada toolbar Star Downloader yang sedang terbuka. Atau dalam keadaan minimize, jendela Options dapat dibuka dengan meng-klik-kanan icon bintang pada system tray lalu memilih menu Options pada jendela pop-up yang muncul. Bila jendela Options sudah terbuka akan terlihat sederet menu di sebelah kiri dan setting-setting yang akan diubah di sebelah kanan. Menu-menu Options tersebut antara lain:

Integration untuk mengatur pilihan browser yang kita gunakan.
Folders untuk mengatur tempat penyimpanan file-file yang sudah didownload.
Download List untuk mengatur tampilan jendela utama Star Downloader yang menampilkan daftar file-file yang sedang, akan dan sudah didownload.
Connection untuk mengatur setting koneksi internet anda.
Dialogs untuk mengatur pemunculan jendela dialog bila kita memberi instruksi download.
Scheduler untuk mengatur penjadwalan file-file yang akan didownload pada waktu tertentu.
Anti-Virus untuk mengatur pengaktifan secara otomatis proses scan virus terhadap file-file yang selesai didownload.
Proxy/Firewall untuk mengatur setting internet yang menggunakan proxy dan firewall.
Performance untuk mengatur cara proses download (akan dibahas lebih lanjut).
General
Language untuk memilih bahasa yang anda sukai bila ada.

Setting Options Performance untuk Meningkatkan Kecepatan Download

Maximum number of simultaneous downloads: berapa jumlah maksimum file yang didownload secara bersamaan (serentak).
Number of parts to split each file into: berapa jumlah potongan untuk setiap file. Pilih angka diantara 4 sampai 6. Untuk file yang berukuran besar, pemotongan file ini membantu mempercepat proses download. Karena file dipotong menjadi beberapa bagian kemudian setiap bagian didownload secara serentak. Namun jumlah potongan file yang terlalu besar bisa menimbulkan error (kesalahan) ketika digabung kembali oleh program.
Do not split files smaller than this size (kilobyte): tidak memotong file yang ukurannya kurang dari .... kilobyte. Biarkan angka default (100).
Timeout (seconds): batas waktu (dalam satuan detik) yang diberikan untuk memulai proses download (mengontak file dari servernya).
Retry delay (seconds): berapa selang waktu (dalam satuan detik) yang diberikan untuk mengulang mengontak file yang akan didownload dari servernya.
Retry times: berapa kali sebuah file yang didownload dicoba untuk ditarik (dikontak).
Search for local mirrors in local mirror list (recommended): memerintahkan star donwloader untuk mencari mirror site (situs bayangan yaitu situs yang mengandung file yang serupa) yang tercepat. Pada umumnya memilih (menandai) opsi ini bisa meningkatkan kecepatan download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar